DINOMARKET Blog
Tips Pakai Smartphone Saat Liburan di Luar Negeri
20 October 2017
Smartphone bisa dikatakan sebagai salah satu benda yang wajib dibawa ke mana pun. Tidak hanya diperlukan untuk bekerja, smartphone juga tak pernah ketinggalan dibawa saat sedang berlibur.

Ketika berlibur, smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman, tapi juga mengabadikan berbagai momen.

Saat sedang berlibur di dalam negeri, tidak diperlukan pengaturan khusus untuk bisa menggunakan smartphone. Namun ketika berlibur di luar negeri, ada beberapa persiapan agar komunikasi tetap berjalan lancar.

Nah, untuk memastikan kalian tetap bisa berkomunikasi dengan lancar saat di luar negeri, ada beberapa tips penggunaan smartphone yang bisa diikuti. Berikut empat tips menggunakan smartphone ketika di luar negeri seperti dikutip dari Trip Savvy, Kamis (19/10/2017):

1. Pastikan smartphone bisa digunakan di luar negeri

Langkah pertama adalah memastikan smartphone kalian bisa berfungsi di tempat tujuan. Operator seluler di dunia menggunakan berbagai teknologi dan frekuensi berbeda, sehingga belum tentu smartphone kalian bisa digunakan di semua negara.

Untuk memastikannya, kalian bisa memeriksa petunjuk penggunaan. Jika mendukung quad-band GSM, seharusnya smartphone kalian bisa berfungsi di sebagian besar negara.

Setelah memastikan smartphone bisa menggunakan jaringan seluler luar negeri, pastikan roaming internasional aktif. Untuk itu, kalian bisa menghubungi operator seluler untuk mengaktifkan roaming.

2. Punya paket roaming

Menggunakan smartphone di luar negeri akan memakan biaya yang tidak sedikit. Jika kalian tidak ingin menerima tagihan telepon jutaan rupiah setelah kembali dari liburan, maka sebaiknya siapkan paket roaming untuk telepon dan SMS, serta internet selama di luar negeri. Kasus seperti ini biasanya terjadi pelanggan pascabayar.

Paket roaming internasional memang lebih mahal daripada biaya yang harus dikeluarkan saat di dalam negeri. Namun harganya akan jauh lebih murah dibanding tidak menggunakan paket roaming.

3. Pakai kartu SIM lokal

Jika tidak ingin mengeluarkan uang untuk roaming, kalian bisa menggunakan kartu SIM yang tersedia di negara tujuan.

Harga jualnya tergantung negara yang akan dituju dan biasanya sudah bisa digunakan untuk menelepon, mengirim SMS dan internet selama beberapa pekan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Untuk bisa mengganti kartu SIM, pastikan smartphone adalah versi unlocked alias tidak terikat kontrak dengan operator seluler.

Jika tidak lagi terikat kontrak dengan operator, kalian bisa menghubungi operator seluler bersangkutan untuk "membuka kunci" smartphone.

4. Pakai WiFi dan aplikasi pesan

Jika kalian tidak ingin mengeluarkan biaya untuk paket roaming, ada beberapa cara untuk mewujudkannya. Manfaatkan jaringan WiFi dan gunakan aplikasi mobile seperti Skype dan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Kalian harus mematikan konektivitas data seluler sebelum pesawat mendarat di tempat tujuan dan biarkan tetap seperti itu sampai tiba kembali di negara asal.

Pasalnya, jika data seluler tetap aktif tanpa paket roaming saat di luar negeri, sangat mungkin pulsa habis karena smartphone mengunduh file tanpa sepengetahuan kalian.

Untuk mencegah hal semacam itu terjadi, matikan data seluler dan gunakan WiFi selama di luar negeri. Banyak tempat saat ini sudah dilengkapi dengan jaringan WiFi seperti kafe dan restoran. Ada yang menyediakan WiFi secara gratis, tapi juga ada yang berbayar dengan harga lebih murah daripada paket roaming.

Selain itu, kalian bisa memanfaatkan fitur panggilan suara, panggilan video dan pengiriman pesan yang ada pada sejumlah aplikasi seperti Skype dan WhatsApp.

Fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan jaringan WiFi, sehingga membuat biaya hidup di luar negeri jauh lebih murah.

Kemajuan teknologi memang membuat banyak hal menjadi lebih mudah, termasuk saat berlibur di luar negeri. Berbekal beberapa persiapan di atas, berlibur di luar negeri dengan smartphone akan menjadi lebih mudah dan hemat.


Sumber : tekno.liputan6.com
Cookies pada browser Anda saat ini sedang tidak aktif. Untuk dapat login dan berbelanja di DINOMARKET.com, segera aktifkan cookies pada browser Anda.
Daftarkan e-Mail Anda disini dan dapatkan
penawaran menarik
 
SUPPORTED BY :
BANK
BANK MANDIRI BCA BRI
BNI CIMB NIAGA BANK DANAMON
PANIN BANK PERMATA BANK MAYBANK
BANK OCBC BANK KB BUKOPIN BANK MEGA
BANK UOB BANK DBS BANK HSBC
MNC BANK BANK MAYAPADA BANK DKI
MUAMALAT BTN BTPN
COMMONWEALTH BANK
DEBIT CARD & E-PAYMENT
MANDIRI DEBIT BRI DEBIT DANAMON DEBIT
HSBC DEBIT OCBC DEBIT COMMONWEALTH DEBIT
CIMB NIAGA DEBIT PERMATA DEBIT PERMATA ME
MEGA DEBIT CARD BNI DEBIT CARD BCA VIRTUAL ACCOUNT
BRI VIRTUAL ACCOUNT BCA KLIKPAY BCA SAKUKU
E-PAY BRI BRI POINT BNI DEBIT ONLINE
IPAY BNI DANAMON ONLINE BANKING CIMB CLICKS
REKENING PONSEL CIMB OCTOPAY BTN MOBILE BANKING
BTN DEBIT ONLINE IB MUAMALAT JENIUS PAY
DIGIBANK BY DBS JAKONE MOBILE GO-PAY
OVO LINKAJA KREDIVO
AKULAKU INDODANA TMRW PAY
AFTER SALES SERVICE
Jaminan Penanganan After Sales Untuk Produk Yang Berkendala
CUSTOMER SUPPORT
Memberikan Layanan Kelas Premium Kepada Customer Dengan Ramah, Sigap Dan Profesional
FOLLOW US :
instagram facebook twitter
DOWNLOAD NOW :
Dinomarket App at Apple App Store Dinomarket App at Android Play Store
Copyright © 2008-2024 PT DINOMARKET