DINOMARKET Blog
Ini Bedanya Layar qHD, HD, Full HD, Quad HD, dan Ultra HD
27 October 2016
Sony Xperia Z5 Premium menghentak industri gadget dengan layar beresolusi super tinggi yang diusungnya. Sony Xperia Z5 Premium punya layar 5,5 inci dengan resolusi 4K, menjadikannya sebagai smartphone yang punya resolusi dan kerapatan layar tertinggi di dunia (806 ppi). Tapi, apakah resolusi setinggi itu bisa optimal untuk layar yang hanya berukuran 5,5 inci?

Kenali istilah resolusi layar

perbandingan-resolusi-layar


Setiap gadget yang memiliki layar pasti punya resolusi yang berbeda-beda. Semakin tinggi resolusi layar, semakin jernih pula tampilannya. Namun ukuran resolusi layar justru seringkali membuat kita bingung. Ada istilah layar HD, full HD, qHD, QHD, dan sebagainya. Istilah-istilah tersebut sering tertukar antara satu dengan yang lainnya.

Resolusi terendah untuk layar monitor, tablet, maupun smartphone dalam lima tahun belakangan adalah 640 x 480 piksel, dikenal dengan istilah SD (standard definition) atau VGA (video graphics array). Namun sejak dua tahun terakhir, resolusi layar smartphone terkecil sudah meningkat menjadi 854 x 480 piksel, dikenal dengan istilah FWVGA (full wide video graphics array).

tren-ukuran-layar-hp


Sejak tahun 2014 lalu, resolusi layar semakin meningkat lagi. Standar yang digunakan tidak lagi menggunakan istilah VGA dan sudah berganti menjadi HD (high definition). Peningkatan layar ini juga berlaku untuk smartphone dan tablet, dimana rata-rata smartphone saat ini sudah memiliki resolusi layar 1.280 x 720 piksel, sering disebut dengan istilah 720p atau HD. Namun khusus untuk smartphone entry-level, masih banyak juga yang menggunakan resolusi layar 960 x 540 piksel yang dikenal dengan istilah qHD (quarter high definition), ditulis dengan huruf “q” bukan “Q”.

Pada smartphone high-end, resolusi layar yang digunakan rata-rata sudah mencapai 1.920 x 1.080 piksel, sering disebut FHD atau full HD (full high definition). Meski sudah sangat mencukupi untuk sebuah smartphone, para produsen tertentu seperti Samsung atau LG justru menggunakan resolusi lebih tinggi lagi untuk smartphone flagship buatannya, yaitu 2.560 x 1.440 piksel yang sering disebut 2K, QHD, atau quad HD (quad high definition).

xperia-z5-premium-4k


Nah, yang lebih ekstrem lagi adalah Sony yang baru saja memperkenalkan Xperia Z5 Premium. Layarnya berdimensi 5,5 inci dengan resolusi 3.840 x 2.160 piksel, dikenal dengan istilah 4K, UHD, atau ultra HD (ultra high definition). Inilah resolusi layar smartphone tertinggi saat ini.

Resolusi ideal untuk layar smartphone

smartphone-size


Apakah resolusi layar 854 x 480 piksel adalah resolusi yang buruk? Belum tentu! Untuk smartphone dengan layar 3,5-4 inci, resolusi layar tersebut masih terlihat baik dan optimal. Resolusi tersebut baru akan terlihat kurang tajam ketika digunakan pada layar 4,5 inci ke atas.

Untuk smartphone dengan layar 4,5-5 inci, resolusi HD (1.280 x 720 piksel) adalah resolusi yang mumpuni dan terasa pas. Selain masih tergolong tinggi, resolusi HD juga tak terlalu membebani chip grafis (GPU) pada smartphone sehingga bermain game jadi lebih lancar.

gaming-smartphone


Resolusi full HD (1.920 x 1.080 piksel) baru terasa optimal untuk smartphone dengan layar 5-5,5 inci. Pasalnya, kerapatan layar yang dimilikinya baru bisa terlihat dan terasa di layar yang cukup besar. Nah, bagaimana dengan resolusi 2K (QHD) atau bahkan 4K (UHD)? Resolusi sebesar itu sebenarnya tidak diperlukan untuk layar smartphone. Rata-rata mata manusia tidak bisa menangkap dan menikmati kerapatan layar setinggi itu pada layar sekecil layar smartphone.

Namun kita tidak bisa menolak perkembangan teknologi yang ditawarkan oleh produsen gadget seperti Samsung, LG, atau Sony. Jika Anda memiliki dana tak terbatas, Anda bisa memiliki gagdet dengan resolusi layar ekstra tinggi tersebut untuk kepuasan pribadi. Namun jika ingin efektif, resolusi standar pun masih nyaman di mata, asalkan sesuai dengan ukuran layarnya. So, jangan bingung lagi ya dengan istilah resolusi layar!

Sumber : Droidlime
Cookies pada browser Anda saat ini sedang tidak aktif. Untuk dapat login dan berbelanja di DINOMARKET.com, segera aktifkan cookies pada browser Anda.
Daftarkan e-Mail Anda disini dan dapatkan
penawaran menarik
 
SUPPORTED BY :
BANK
BANK MANDIRI BCA BRI
BNI CIMB NIAGA BANK DANAMON
PANIN BANK PERMATA BANK MAYBANK
BANK OCBC BANK KB BUKOPIN BANK MEGA
BANK UOB BANK DBS BANK HSBC
MNC BANK BANK MAYAPADA BANK DKI
MUAMALAT BTN BTPN
COMMONWEALTH BANK
DEBIT CARD & E-PAYMENT
MANDIRI DEBIT BRI DEBIT DANAMON DEBIT
HSBC DEBIT OCBC DEBIT COMMONWEALTH DEBIT
CIMB NIAGA DEBIT PERMATA DEBIT PERMATA ME
MEGA DEBIT CARD BNI DEBIT CARD BCA VIRTUAL ACCOUNT
BRI VIRTUAL ACCOUNT BCA KLIKPAY BCA SAKUKU
E-PAY BRI BRI POINT BNI DEBIT ONLINE
IPAY BNI DANAMON ONLINE BANKING CIMB CLICKS
REKENING PONSEL CIMB OCTOPAY BTN MOBILE BANKING
BTN DEBIT ONLINE IB MUAMALAT JENIUS PAY
DIGIBANK BY DBS JAKONE MOBILE GO-PAY
OVO LINKAJA KREDIVO
AKULAKU INDODANA TMRW PAY
AFTER SALES SERVICE
Jaminan Penanganan After Sales Untuk Produk Yang Berkendala
CUSTOMER SUPPORT
Memberikan Layanan Kelas Premium Kepada Customer Dengan Ramah, Sigap Dan Profesional
FOLLOW US :
instagram facebook twitter
DOWNLOAD NOW :
Dinomarket App at Apple App Store Dinomarket App at Android Play Store
Copyright © 2008-2024 PT DINOMARKET