DINOMARKET Blog
9 Alasan Mengapa Smartphone Android Perlu Di-root
18 January 2017
Android adalah sistem operasi milik Google yang memiliki hak akses bebas alias open source. Dengan begini pengguna bisa leluasa untuk melakukan banyak hal seperti meng-install aplikasi dari berbagai sumber, menciptakan aplikasi sendiri untuk smartphone, serta mengkustomisasi sebuah proses pada sistem operasi tersebut.

Meski begitu, Jika Anda ingin melakukan hal-hal ajaib pada smartphone Android, dibutuhkan sebuah hak akses root. Mungkin benar, dengan me-rooting smartphone, garansi smartphone Anda bakal hilang. Tapi kami rasa lebih banyak keuntungan ketimbang kerugian yang akan Anda dapat. Untuk itu, kami merangkun beberapa alasan penting mengapa Anda harus me-root smartphone sekarang juga.

Install custom ROM

rootand_2


Instalasi custom ROM menjadi alasan utama mengapa banyak orang melakukan root pada smartphone mereka. Apalagi pada smartphone yang tidak menerima update resmi dari vendornya, pasti hal ini akan sangat membantu. Anda dapat meng-update versi Android dengan sangat mudah. Salah satu penyedia ROM terbesar untuk update Android adalah CyanogenMod atau ParanoidAndroid.

Mengontrol penuh smartphone

rootand_3


Aplikasi yang kami maksud di sini adalah Tasker. Aplikasi ini membutuhkan hak akses root agar dapat berjalan. Percaya tak percaya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal menakjubkan seperti menyalakan lampu secara terjadwal, panggilan otomatis, mengaktifkan mode silent pada jam-jam tertentu, mengirim pesan ke orang tertentu atau siapa pun secara otomatis, serta masih banyak fungsi keren lainnya.

Personalisasi smartphone

rootand_4


Selain untuk flashing ROM, Rooting juga memungkinkan Anda untuk mengubah beberapa personalisasi pada smartphone Android. Alat kustomisasi ini bernama Xposed. Anda dapat men-download aplikasi ini langsung di Google Play Store. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini, salah satunya adalah memodifikasi animasi boot saat menyalakan smartphone. Meskipun memerlukan pengetahuan teknis dalam penggunaannya, kami rasa tidak terlalu sulit jika Anda ingin coba menggunakannya.

Hapus bloatware

rootand_5


Jika Anda memiliki smartphone Xiaomi atau ASUS, Anda akan menemukan banyak aplikasi bawaan pabrik yang tidak begitu Anda perlukan. Aplikasi-aplikasi ini biasa disebut dengan istilah bloatware. Beberapa aplikasi mungkin berguna, namun faktanya banyak pengguna mengeluh sebab aplikasi-aplikasi bloatware memakan banyak ruang penyimpanan. Terkadang untuk menghapus aplikasi bawaan ini, Anda harus melakukan rooting.

Awetkan baterai

rootand_6


Ada banyak aplikasi yang memungkinkan Anda mengelola penggunaan baterai dan kecepatan prosesor pada smartphone Anda. Jika ini dilakukan dengan benar, maka jangan heran bila daya tahan baterai smartphone terasa lebih kuat dan awet. Lagi-lagi untuk dapat melakukan hal ini smartphone harus sudah dalam kondisi root.

Overclock prosesor

rootand_7


Jika kita dapat menurunkan performa prosesor untuk menghemat daya tahan baterai, kita juga dapat meningkatkan kinerja prosesor agar smartphone berjalan lebih cepat dari biasanya. Namun Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena dapat merusak sistem smartphone itu sendiri. Meski kinerja terasa lebih cepat, daya tahan baterai pun akan mudah habis. Yang penting, lakukan hal ini dengan bijak sesuai dengan kebutuhan.

Backup dan lindungi data

rootand_8


Dengan me-rooting smartphone, Anda dapat membackup dan mengamankan data dengan mudah. Tak terkecuali data-data penting seperti data aplikasi, preferensi pengguna, dan cadangan Nandroid. Hal ini sangat berguna ketika sistem smartphone Anda mengalami masalah atau kerusakan yang mengharuskan Anda melakukan proses flashing. Karena data telah tersimpan secara rapi, Anda dapat me-restore-nya kapan saja.

Kembalikan foto yang terhapus

rootand_9


Rooting memungkinkan Anda untuk memulihkan foto yang hilang atau terhapus dari perangkat Android Anda. Dengan bantuan aplikasi DiskDigger, Anda dapat men-scan, melihat preview gambar, dan memutuskan apakah Anda ingin mengembalikan foto yang terhapus tadi atau tidak. Selain itu Anda juga dapat mengirim foto ke email jika dirasa ruang penyimpanan ponsel Anda sudah sesak.

Optimalisasi internal storage

rootand_10


Tak hanya menghemat dan mempercepat performa Android, dengan rooting Anda juga dapat memaksimalkan penggunaan storage pada smartphone. Maksud kami, Anda dapat memindahkan penyimpanan data aplikasi internal ke kartu microSD. Anda wajib mencoba cara ini jika dirasa smartphone memiliki ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar.

Itulah sembilan alasan mengapa Anda harus melakukan root pada smartphone yang Anda gunakan. Setelah membacanya, semoga sekarang Anda tidak ragu lagi untuk melakukan proses root karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Oh ya, jika Anda punya alasan lain, silakan share melalui kolom komentar di bawah ya!


Sumber : droidlime
Cookies pada browser Anda saat ini sedang tidak aktif. Untuk dapat login dan berbelanja di DINOMARKET.com, segera aktifkan cookies pada browser Anda.
Daftarkan e-Mail Anda disini dan dapatkan
penawaran menarik
 
SUPPORTED BY :
BANK
BANK MANDIRI BCA BRI
BNI CIMB NIAGA BANK DANAMON
PANIN BANK PERMATA BANK MAYBANK
BANK OCBC BANK KB BUKOPIN BANK MEGA
BANK UOB BANK DBS BANK HSBC
MNC BANK BANK MAYAPADA BANK DKI
MUAMALAT BTN BTPN
COMMONWEALTH BANK
DEBIT CARD & E-PAYMENT
MANDIRI DEBIT BRI DEBIT DANAMON DEBIT
HSBC DEBIT OCBC DEBIT COMMONWEALTH DEBIT
CIMB NIAGA DEBIT PERMATA DEBIT PERMATA ME
MEGA DEBIT CARD BNI DEBIT CARD BCA VIRTUAL ACCOUNT
BRI VIRTUAL ACCOUNT BCA KLIKPAY BCA SAKUKU
E-PAY BRI BRI POINT BNI DEBIT ONLINE
IPAY BNI DANAMON ONLINE BANKING CIMB CLICKS
REKENING PONSEL CIMB OCTOPAY BTN MOBILE BANKING
BTN DEBIT ONLINE IB MUAMALAT JENIUS PAY
DIGIBANK BY DBS JAKONE MOBILE GO-PAY
OVO LINKAJA KREDIVO
AKULAKU INDODANA TMRW PAY
AFTER SALES SERVICE
Jaminan Penanganan After Sales Untuk Produk Yang Berkendala
CUSTOMER SUPPORT
Memberikan Layanan Kelas Premium Kepada Customer Dengan Ramah, Sigap Dan Profesional
FOLLOW US :
instagram facebook twitter
DOWNLOAD NOW :
Dinomarket App at Apple App Store Dinomarket App at Android Play Store
Copyright © 2008-2024 PT DINOMARKET