DINOMARKET Blog
7 Aplikasi Penguras Kuota Internet Terboros di Smartphone
20 February 2017
Tak hanya baterai yang mudah habis, kuota internet pun sering terkuras habis. Dua hal tersebut sering dikeluhkan para pengguna smartphone masa kini. Teknologi internet yang semakin hari semakin kencang membuat kebutuhan data menjadi lebih boros. Terlepas dari itu semua, ternyata ada beberapa aplikasi yang diam-diam menyedot kuota internet secara drastis. Ingin tahu apa saja aplikasinya? Berikut ulasannya.

Facebook

7AppsSmart_2


Jika Anda termasuk orang yang aktif menggunakan aplikasi Facebook, pastikan fitur auto play video tidak aktif. Video pada facebook lebih sulit dimuat ketimbang YouTube. Jadi sudah dipastikan kuota data yang dikeluarkan menjadi lebih banyak.

Anda dapat menonaktifkannya dengan cara masuk ke menu pengaturan aplikasi -> putar otomastis, lalu pilih opsi “jangan pernah putar video otomatis” atau “putar otomatis di koneksi WiFi saja”. Selain itu, non-aktifkan juga fitur unggah semua foto dalam HD dan unggah semua video dalam HD.

Twitter

7AppsSmart_3


Seperti halnya Facebook, Twitter juga dilengkapi dengan fitur pemutar video dan GIF secara otomastis. Tentu hal ini lumayan menyedot kuota internet Anda. Nonakftifkan auto-play dengan cara pergi ke menu setings-> general -> video autoplay. Selain itu, jika ingin lebih menghemat pemakaian data pada aplikasi Twitter ini, non-aktfikan juga image previews in timeline.

Instagram

7AppsSmart_4


Instagram yang notabene digunakan semua orang untuk berbagi momen-momen penting melalui foto, nyatanya menghabiskan data internet yang cukup besar. Karena Aplikasi ini juga menggunakan fitur pemutar video dan pemuatan gambar secara otomatis.

Jika ingin mematikan fitur ini, masuk saja ke pengaturan aplikasi. Lalu, pilih menu penggunaan data seluler. Berikan tanda centang pada opsi gunakan lebih sedikit data. Dengan begini, seluruh pemutaran video dan pemuatan gambar secara otomatis hanya terjadi saat perangkat terhubung di jaringan WiFi.

YouTube

7AppsSmart_5


Pasti semua orang setuju kalau aplikasi berikut ini sering menjadi penyebab habisnya kuota internet secara tiba-tiba. Bagaimana tidak? Video-video pada YouTube membutuhkan data yang cukup besar untuk dapat diakses. Untung saja YouTube tidak memiliki fitur auto play seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Jadi penggunaan data sepenuhnya berada di tangan kita. Masalahnya, banyak dari kita sering lupa waktu jika sudah asyik nonton video di YouTube. Sekedar tips, tontonlah video YouTube dengan resolusi yang paling rendah agar kuota data menjadi lebih hemat. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan video secara offline untuk menonton berulang-ulang.

JOOX dan Spotify

7AppsSmart_6


Mendengarkan jutaan lagu dengan kualitas terbaik memang sangat menyenangkan. Akan tetapi jika hal ini Anda lakukan terus menerus, maka tak ayal kuota data Anda lenyap seketika. Jika ingin menghemat kuota, download lagu-lagu favorit Anda dan mainkan secara offline. Sayangnya, pada aplikasi Spotify hanya pengguna premium saja yang diperbolehkan men-download lagu.

Netflix

7AppsSmart_7


Siapa yang tak suka nonton film? Apalagi nonton filmnya dapat dilakukan hanya dengan smartphone. Ya, dengan berlangganan Netflix kita bisa menikmati berbagai film, mulai dari film lama hingga yang terbaru. Sayangnya untuk menontonnya, kita harus mengeluarkan kuota data yang terbilang besar. Untuk nonton video HD berdurasi 45 menit saja dibutuhkan kuota sekitar 750MB. Jadi, gunakan aplikasi ini dengan bijak agar kuota data tidak cepat habis.

Google Play Store

7AppsSmart_8


Sekilas Google Play Store tidak banyak menguras data, kecuali saat download aplikasi. Namun, fitur auto-update aplikasi lah yang menjadi penyebab utama kuota tiba-tiba habis. Seperti Facebook misalnya yang kerap menyediakan update rutin dua minggu sekali. Alangkah lebih baik jika Anda mengaktifkan auto-update hanya saat terhubung dengan jaringan WiFi saja. Atau matikan fitur ini sehingga kita bisa leluasa memilih aplikasi mana saja yang ingin di-update dan mana yang tidak secara manual.


Sumber : droidlime
Cookies pada browser Anda saat ini sedang tidak aktif. Untuk dapat login dan berbelanja di DINOMARKET.com, segera aktifkan cookies pada browser Anda.
Daftarkan e-Mail Anda disini dan dapatkan
penawaran menarik
 
SUPPORTED BY :
BANK
BANK MANDIRI BCA BRI
BNI CIMB NIAGA BANK DANAMON
PANIN BANK PERMATA BANK MAYBANK
BANK OCBC BANK KB BUKOPIN BANK MEGA
BANK UOB BANK DBS BANK HSBC
MNC BANK BANK MAYAPADA BANK DKI
MUAMALAT BTN BTPN
COMMONWEALTH BANK
DEBIT CARD & E-PAYMENT
MANDIRI DEBIT BRI DEBIT DANAMON DEBIT
HSBC DEBIT OCBC DEBIT COMMONWEALTH DEBIT
CIMB NIAGA DEBIT PERMATA DEBIT PERMATA ME
MEGA DEBIT CARD BNI DEBIT CARD BCA VIRTUAL ACCOUNT
BRI VIRTUAL ACCOUNT BCA KLIKPAY BCA SAKUKU
E-PAY BRI BRI POINT BNI DEBIT ONLINE
IPAY BNI DANAMON ONLINE BANKING CIMB CLICKS
REKENING PONSEL CIMB OCTOPAY BTN MOBILE BANKING
BTN DEBIT ONLINE IB MUAMALAT JENIUS PAY
DIGIBANK BY DBS JAKONE MOBILE GO-PAY
OVO LINKAJA KREDIVO
AKULAKU INDODANA TMRW PAY
AFTER SALES SERVICE
Jaminan Penanganan After Sales Untuk Produk Yang Berkendala
CUSTOMER SUPPORT
Memberikan Layanan Kelas Premium Kepada Customer Dengan Ramah, Sigap Dan Profesional
FOLLOW US :
instagram facebook twitter
DOWNLOAD NOW :
Dinomarket App at Apple App Store Dinomarket App at Android Play Store
Copyright © 2008-2024 PT DINOMARKET